Sabtu, 23 April 2011

Catataan kecil Hardiknas

Wajah pendidikan negeriku

Sebentar lagi negara kita akan memperingati hari pendidikan nasional pada tanggal 2 Mei. Masih teringat ketika saya duduk dibangku sekolah dasar, semboyan pendidikan dibumi pertiwi ini: Ing ngarsa sung tulada, Ing madya mangun karsa, Tut Wuri Handayani, yang artinya Didepan memberikan panutan atau tauladan; Ditengah ikut bersama membangun dengan ide dan prakarsa; dan Dibelakang memberikan dorongan, semangat dan motivasi.
Pendidikan selama ini selalu dimaknai secara sempit oleh masyarakat Indonesia. Kita hanya mengenal sekolah yang memiliki gedung, bangku dan guru sebagai sarana pendidikan. Padahal jika dikaji lebih lanjut tentang makna dari pendidikan itu, tidak ada batasan yang mengurung didalamnya. Sekolah juga selama ini sepertinya telah salah kaprah dalam menjalankan tujuannya. Tujuannya yang utama adalah mendidik masyarakat Indonesia. Hal yang ditekankan disini adalah “mendidik”. Mendidik tidak hanya mengajarkan pelajaran kepada murid-murid sehingga mereka semua mendapat nilai yang bagus saat ujian, tetapi mendidik juga bertanggung jawab dalam memberikan nilai-nilai moral kehidupan kepada siswa yang diajarkan.
Menurut hemat saya, lebih mudah membuat seorang siswa mengerti pelajaran Matematika yang super sulit dengan rumus-rumus aneh bin ajaib dari pada mengajarkan seorang siswa tentang nilai moral kehidupan. Bagaimana seorang guru dapat menanamkan nilai moral tadi kedalam jiwa siswa, sehingga yang dididik dapat sadar dengan sendirinya mana yang baik dan mana yang buruk. Jika untuk mendapatkan nilai harus dengan cara curang dan menghalalkan segala cara, jika untuk mendapatkan reputasi sekolah yang baik para pendidik juga harus ikutan berlaku curang, kemana arah pendidikan negeri ini akan dibawan? Saat ini sudah banyak siswa-siswa Indonesia yang berprestasi ditingkat internasional dari berbagai even dan perlombaan yang diikutinya, tetapi tidak sedikit juga masyarakat Indonesia yang belum bermoral.
Tulisan ini murni hanya opini pribadi, tidak ada maksud untuk menyalahkan pihak lain. Terlebih lagi, semoga tulisan ini dapat menjadi bahan introspeksi pribadi.

https://nra402.wordpress.com/tag/hardiknas/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar